Review Game FIFA 2010

2 komentar
Game FIFA 2010 ini mencoba melebihi game sebelumnya yang sudah sukses dan kenyataannya FIFA 2010 yang telah dikembangkan oleh Electronic Arts dengan sangat apik dan bagus sekali. Bukanlah rahasia besar apabila saat gamer membicarakan mengenai franchise terbaru, mereka akan meminta peningkatan pada grafik yang disertakan oleh game tersebut dan FIFA 2010 sama sekali tidak mengecewakan dalam urusan grafik yang diberikan.


Dalam game ini, ada banyak jenis mode permainan yang dapat kita pilih. Saya coba bahas satu per satu yah. Pertama-tama kita coba permainan ini dengan mode Virtual Pro, dimana kita akan memulai permainan dengan menciptakan seorang pemain, mendesain atribut yang ada pada karakter tersebut sehingga bisa cocok dengan keinginan kita, melakukan perubahan pada wajah agar bisa disesuaikan dengan keinginan atau mungkin saja melakukan perubahan yang aneh-aneh, tergantung keinginan kita. Mode yang satu ini berfungsi dengan sangat bagus dan bahkan cara kerjanya bisa dikatakan lebih sempurna apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Bahkan kita juga bisa menggunakan fitur GameFace untuk meng-upload foto kita sendiri dan memasangnya langsung dalam game. Jadi game ini memang pengertian untuk orang-orang yang narsis..hehehe..

Setelah selesai membuat tubuh karakter yang kita inginkan, sekarang saatnya kita mencoba kemampuan sang pemain di lapangan. Disinilah perbedaan antara Virtual Pro dengan mode Be A Pro di masa yang lalu. Kali ini, ketimbang hanya menjadi seorang pemain bola yang memiliki kemampuan lengkap, kita bisa langsung menggunakan karakter hasil buatan kamu itu dalam mode apapun yang tersedia dalam game. Ini yang membuat pecinta game FIFA makin tergila-gila..hahahah..lebay bgt kykna.. Disini kita bisa langsung membawa karakter tersebut ke arena latihan dan mencoba mempertajam kemampuan karakter buatan kita, atau juga bisa langsung masuk ke dalam mode Play Now. Kalo emang berminat, kita bisa mencoba peruntungan dalam Manager Mode ataupun mencoba bermain online dan langsung memainkan mode Pro Club Championship dengan gamer lain. Semua mode ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan performa kita sebagai seorang pemain sepak bola. Untuk membantu meningkatkan kemampuan karakter kita, terdapat beberapa gol tertentu yang harus kita penuhi dan semuanya itu disertakan dengan cukup sempurna dalam permainan. Ada perkembangan yang sifatnya hanya sementara dan ada juga yang sifatnya untuk selamanya. Asik juga kan ada tantangannya kayak gini.



Salah satu masalah yang mungkin juga dirasakan dalam mode Be A Pro yaitu kita hanya bisa mengembangkan satu karakter saja dan hanya satu karakter itu sajalah yang akan kita latih dan kita kembangkan. Beda halnya dengan mode Virtual Pro yang membiarkan kita melakukan apapun yang kita inginkan dan hal ini tentunya cukup menyenangkan. Selain membuat sebuah karakter dan mengembangkan kemampuannya dengan atribut yang kita inginkan, kamu juga bisa menciptakan beberapa set-piece sesuai dengan imajinasi kita. Sebuah fitur yang pastinya sangat cocok bagi seorang penggila bola seperti saya dan memiliki fantasi tersendiri mengenai set-piece seperti apa yang paling cocok untuk digunakan sebuah tim.

Manager Mode juga masih tetap menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari game ini dan sejujurnya, mode yang satu ini sama sekali tidak mengecewakan. Kita bisa melakukan transfer pemain, kita bisa melakukan pengamatan terhadap pemain lain, meng-upgrade beberapa staf tim dengan menggunakan uang yang telah kita dapatkan dari penjualan tiket dan tentu saja kita akan diwajibkan untuk bisa memenuhi harapan yang telah diberikan oleh jajaran pemilik klub tempat kita bekerja agar kita bisa tetap bertahan. Malah kadang kita juga akan mendapatkan masukan dari dua komentator dalam permainan dan mereka akan memberikan komentar serta masukan untuk kita agar bisa lebih sukses. Baek banget komentatornya, jadi malu..hehehe..




Untuk masalah komentator, dua komentator yang tentunya sudah tidak asing lagi dalam dunia sepakbola, Andy Gray dan Clive Tilsley telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik dan mereka benar-benar bisa menghasilkan suara yang benar-benar menambah semangat saat permainan. Tentu saja tidak selamanya para komentator tersebut melakukan kesalahan seperti memberikan observasi yang salah. Tapi itu bukan berarti komentar mereka ini tidak akan berguna malahan komentar mereka yang bisa membantu menambahkan keseruan dalam permainan.



Gerakan pemain yang diberikan oleh Electronic Arts kali ini juga telah mengalami perkembangan yang sangat mengagumkan. Apabila sebelumnya karakter kita hanya bisa berlari sesuai dengan delapan arah angin yang tersedia, maka kali ini pergerakan kita akan terlihat sangat halus dan tanpa cela, sehingga bisa menambahkan kemampuan kita untuk menyerang dan bertahan dengan lebih sempurna. Kita bisa bergerak ke arah manapun yang kita mau, berpindah kaki ke kaki yang kuat ataupun lemah, tergantung dari sudut saat kita sedang dalam posisi menyerang dan melakukan sejumlah gerakan yang sangat keren.

Performa selama pertandingan telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga sesuai dengan atribut yang dimilikinya di dunia nyata. Jadi kalo seorang pesepakbola bertubuh kecil, maka pemain itu juga tidak akan memiliki daya tahan yang kuat dan tidak akan terlalu kuat apabila diajak untuk berebut bola. Beda halnya dengan seorang pesepakbola yang tinggi dan kuat. Tentu saja pesepakbola seperti ini akan cukup sulit untuk dikalahkan dan merebut bola yang sedang ia giring. Selain seluruh gerakan yang bisa kita lihat itu, kita juga akan menyaksikan sendiri beberapa adegan dimana karakter kita akan kehilangan kendali dan tiba-tiba mereka akan terjatuh atau bahkan kehilangan bola (yah maklum lah kecapean gan, kasian juga lari-larian mulu di lapangan..hehehe..).



Game sepakbola yang satu ini merupakan salah satu game wajib terutama bagi gamer yang merupakan seorang penggila bola. Dengan sejumlah fitur yang diberikan dalam game ini serta tambahan beberapa fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya, para gamer pasti tidak akan sabar lagi untuk melihat tim kesayangan mereka beraksi di lapangan hijau.  

Kekurangan dari game ini :
Sayangnya, performa dari AI yang diberikan disini masih tetap dirasakan kurang. Walau pihak EA sudah mengatakan bahwa kemampuan AI telah ditingkatkan, saya masih sering sekali menemukan beberapa kejadian dimana AI tersebut justru tidak bereaksi pada bola yang kebetulan ada di depan mereka. Tapi, harus diakui bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berlari yang sangat mantap dan sering sekali mereka akan meminta bola kepada kita apabila mereka merasa keadaan mereka cukup aman. Memang masih banyak kekurangan di sana sini, tapi tetap saja perubahan yang diberikan disini sudah cukup memuaskan. Sayangnya graphic FIFA 2010 pada PS3 lebih bagus ketimbang FIFA2010 untuk PC. Kalo saya bandingkan FIFA 2010 dengan game buatan Konami yaitu PES 2010 dari segi gameplay dan gerakan pemain, saya lebih menjagokan PES 2010. Mungkin ini bisa menjadi intropeksi untuk Electronic Arts agar dapat menjadi lebih baik kedepannya, supaya menjadi anak yang sholeh, rajin menabung, taat pada orang tua, suka menolong..lho kok ga nyambung ya???aduh ga beres neh..


Kelebihan game ini :
Secara grafis, FIFA 10 hanya memberikan sedikit perubahan saja, tapi performa yang ada pada FIFA 10 ini sudah cukup untuk membuat kamu terpukau dengan penuh rasa kagum. Bagaimanapun juga, tidak bisa dipungkiri bahwa sejauh ini, hanya Electronic Arts lah yang bisa menyajikan sebuah grafik yang bisa memanjakan mata dan digabungkan juga dengan permainan yang sangat memikat.

Ini spek buat maenin game FIFA 2010 :
System Requirements:
Minimum :
Processor: 2.4 GHz (single core)
RAM: 512 MB in Windows XP or 1 GB in Windows Vista
Video Card: GeForce 6600 or better, ATI Radeon 9800 Pro or better, with support for Shader 2.0, with embedded memory of 128 MB, with support for DirectX 9.0c.
Sound: with support for DirectX 9.0c
Recommended :
Processor: 3.2 GHz (single core) or 2.4 GHz (dual core)
RAM: 1 GB (XP) or 2GB (Vista).
Video Card: GeForce 7800 or better, ATI Radeon x1800 or better with Shader 2.0 support, with built-in memory, 256 MB, with support for DirectX 9.0c
Sound: with support for DirectX 9.0c
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

2 Response to Review Game FIFA 2010

1 Mei 2010 00.28

g da link download nich....?

klo dvdnya berapa harganya ya... buat pc...

6 November 2010 23.14

waduh baru baca komentnya neh..hehehe
gada link downloadnya bro,klo mau beli palingan juga 20rb 1 DVD, klo 2 DVD ya 40rb..itu sih yang bajakan..hihihi :D

Posting Komentar